Beberapa Tips untuk Sukses dalam Bisnis Konsinyasi

Bisnis konsinyasi
Sebelumnya minggu kemarin kita sudah membahas mengenai apa itu bisnis konsinyasi. Secara garis besar bisnis konsinyasi merupakan sistem penjualan dengan cara si produsen menitipkan barangnya kepada si penyalur atau penjual langsung untuk dijual, dengan apabila mendapatkan keuntungan akan dibagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Pada minggu lalu juga kita sudah membahas mengenai keuntungan dan kerugian dalam menjalankan bisnis konsinyasi. Untuk mengingatkan kembali, saya akan membagikan artikelnya pada link disini.

Selanjutnya pada artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan beberapa tips supaya bisnis konsinyasi yang ingin anda rintis tidak mandeg di tengah jalan. Jangan sampai modal dan waktu yang sudah anda korbankan untuk menjalankan bisnis ini tidak membuahkan hasil sesuai dengan apa  yang anda harapkan.

Berikut ini beberapa tips untuk sukses dalam menjalankan bisnis konsinyasi, diantaranya :

1. Memberikan diskon atas penjualan dengan jumlah tertentu
Memberikan diskon atau pengurangan harga dasar ketika penyalur berhasil menjual produk kita dengan jumlah banyak sangat bagus untuk diterapkan. Ini bertujuan untuk memacu atau memotivasi penyalur untuk berusaha menjual produk kita lebih banyak.

Penyalur akan berusaha memperbanyak produk yang dijual agar dia bisa mendapatkan komisi atau margin lebih besar. Contohnya, harga dasar untuk satu produk yang dijual Rp 2.000 adalah Rp 1.500, apabilah penyalur berhasil menjual produknya lebih dari 100 pcs, maka harga dasar produk akan berubah menjadi Rp 1.400. Dengan adanya potongan tersebut secara otomatis si penyalur akan termotivasi untuk menjual lebih banyak, karena margin yang dia dapatkan akan bertambah Rp 100 setiap produknya, apabila mencapai target yang ditetapkan.

2. Pastikan toko yang diajak kerja sama harus yang kredibel
Kredibilitas toko yang kita ajak kerja sama juga sangat menentukan. Pastikan bahwa toko atau penyalur yang akan menjual produk kita sudah mendapat kepercayaan dari pelanggan, selain itu juga memiliki banyak pelanggan yang loyal.

Ini akan mempercepat barang untuk terjual. Kalau bisa pastikan juga  pada toko tersebut tidak terdapat jenis produk yang sama dengan produk yang kita jual, supaya pembeli yang datang ke toko tersebut akan lebih fokus untuk membeli produk kita.

3. Menambah jumlah toko yang akan diajak kerja  sama
Untuk memiliki bisnis konsinyasi dengan omset yang tinggi, kita harus mempertimbangkan faktor kali. Caranya ialah dengan selalu menambah jumlah toko yang diajak kerja sama. Semakin banyak toko yang menjual produk kita, semakin banyak juga produk yang bisa terjual.

Akan tetapi dalam menambah jumlah toko disini kita juga harus mempertimbangkan jumlah ketersediaan stok barang kita. Maksudnya stok barang kita harus dapat mencukupi untuk setiap toko yang akan kita titipi.

4. Memanfaatkan moment yang tepat untuk menjual produk kita
Berikan promosi-promosi yang menarik pada saat moment-moment tertentu, seperti pada saat lebarang atau hari raya lainnya. Dengan promosi yang menarik dan dilakukan pada saat moment yang tetap ini akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk kita.

5. Pastikan produk kita dapat memenuhi selera pasar yang sedang trend
Maksudnya disini bahwa produk kita itu harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Jangan kita menjual barang yang ngetrend pada tahun 80an saat ini, itu tidak akan laku dipasaran. Kecuali sasaran pasar kita khusus untuk kolektor barang tahun 80an.

Itulah beberapa tips sukses dalam berbisnis konsinyasi yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tips untuk Sukses dalam Bisnis Konsinyasi"

Post a Comment