8 Tipe Orang yang Harus Kita Hindari

Minggu lalu kita sudah membahas mengenai seberapa besar pengaruh lingkungan pergaulan terhadap tingkat kesuksesan seseorang. Jawaban dari pertanyaan tersebut, ternyata memang ada pengaruhnya antara tingkat kesuksesan seseorang dengan faktor lingkungan pergaulan.

Kalau Anda belum membaca mengenai artikel tersebut, Saya akan share kembali melalui link di sini.

Mengingat pentingnya lingkungan pergaulan, oleh karena itu sebaiknya kita harus pintar dalam memilih pergaulan.

Adapun tipe-tipe orang yang wajib kita hindari karena dapat menghambat kesuksesan kita, diantaranya sebagai berikut :

1. Mereka yang Suka Memanfaatkan Kelemahan Kita
Setiap orang pasti punya kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun ada kalanya ada "sahabat" kita yang memanfaatkannya. Karena didunia ini terdapat tipe orang yang suka mengatasnamakan persahabatan sebagai cara mereka untuk memanfaatkan kita.

Misalnya saja mereka mengetahui bahwa kita paling tidak bisa menolak jika ada yang meminta bantuan kita, lalu mereka memanfaatkanya dengan selalu meminta pertolongan kita dan bahkan mereka sering merepotkan kita. Tipe orang yang seperti ini hanya akan menguras tenaga, waktu sama perasaan kita saja dan sebaiknya orang seperti ini kita hindari

2. Meraka yang Memiliki Sifat Negatif
Turun naiknya perasaan sebenarnya memang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Akan tetapi kalau ternyata negatifnya lebih sering muncul ketimbang yang positifnya, ini malah akan merusak mindset atau pola pikir yang selalu negatif.

Berteman dengan orang yang selalu berfikiran negatif selain akan membuat kita risih, mereka juga akan mempengaruhi suasana hari kita dan mindset kita menjadi negatif.

Sebaiknya kalau Anda ingin sukses, hindari orang-orang yang selalu berfikiran negatif atau memiliki sifat yang negatif.

3. Mereka yang Terlalu Perhitungan
Perhitungan disini dapat berupa perhitungan dalam hal hutang budi, materi atau uang dan yang lainnya. Contohnya dalam hal uang, kita harus bisa membedakan mana teman kita yang irit dan mana yang pelit. Orang yang pelit biasanya perhitungan. Misalnya apabila disuruh patungan untuk keperluan bersama, mereka selalu menolak. Contoh lainnya apabila orang tersebut pernah memberi kita sesuatu baik berupa jasa atau uang, maka  akan selalu dia ungkit-ungkit terus pemberiannya tersebut.

Orang yang tidak memiliki sifat ikhlas seperti ini harus kita hindari, karena malah akan membuat kita terperangkap pada kebaikan dia yang harus kita balas.

4. Mereka yang Terlalu Sering Bergosip
Apabila Anda memiliki teman yang kerjaannya bergosip, lebih baik segeralah Anda tinggalkan. Mereka yang suka ngomongin orang lain di hadapan Anda, mereka juga akan melakukan hal yang sama ngomongin Anda di hadapan orang lain.

Kerjaan mereka hanya untuk mencari-cari kesalahan orang dan menyebarkannya kepada orang lain. Tidak ada gunanya Anda berteman dengan tipe orang seperti ini. Orang yang seperti ini hanya akan membuang-buang waktu produktif Anda.

5. Mereka yang Terlalu Sering Mengkritik
Kritikan pada dasarnya memang penting demi kemajuan kita, tentunya kritikan tersebut ialah kritikan yang membangun. Tepapi apabila kritikan tersebut dilakukannya dengan terlalu sering, bisa-bisa bukan malah meningkatkan motivasi kita, tetapi malah membuat kita down.

Ketika kita memiliki sahabat yang terlalu sering mengkritik, apapun yang kita kerjakan selalu salah dimata dia, apalagi kalau kritikan tersebut sudah di luar batas dan dilakukannya di depan umum, itu malah akan membuat kita semakin rendah diri. Akan lebih baik untuk kita perlahan mulai menjauh dari orang dengan tipe seperti itu.

6. Teman yang Bermuka Dua
Tipe orang seperti ini ialah mereka yang memiliki sifat munafik. Ketika sedang berada di hadapan kita mereka akan bersikap manis, dan ketika di belakang  kita, mereka akan bersikap sebaliknya.

7. Mereka yang Memiliki Tata Krama yang Buruk
Mereka yang memiliki tata krama yang buruk ialah mereka yang tidak bisa memposisikan dirinya dimana mereka berada. Mereka tidak bisa membedakan kapan harus bersikap ketika bersama teman sebaya dan kapan harus bersikap ketika sedang bersama orang yang lebih tua.

8. Mereka yang Memiliki Sifat Iri
Orang yang memiliki sifat iri ialah orang yang senang ketika melihat orang lain susah dan susah ketika melihat orang lain senang. Tipe orang yang seperti ini tidak akan bisa membuat kita berkembang, mereka akan mengganjal keberhasilan kita. Sebaiknya kita berteman dengan orang yang akan senang melihat kita senang dan akan susah ketika melihat kita susah. Buang jauh-jauh teman yang memiliki sifat iri sebelum mereka mulai menghambat tujuan kita untuk meraih kesuksesan.

Itulah tipe-tipe orang yang wajib kita hindari dan mulailah mencari orang-orang yang memiliki sifat positif demi meraih kesuksesan di masa yang akan datang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tipe Orang yang Harus Kita Hindari"

Post a Comment