Peluang Mendapat Uang Tambahan dari Affiliate Marketing

Affiliate marketing
Apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar seseorang apabila orang tersebut berhasil menjual produk, baik itu barang ataupun jasa orang lain yang memiliki produk tersebut dan pemasarannya melalui internet.

Affiliate marketing konsepnya tidak jauh berbeda dengan konsep reseller, akan tetapi untuk affiliate marketing kita tidak memerlukan modal yang berarti untuk menjalankannya. Itu dikarenakan dalam affiliate marketing mulai dari proses pendaftaran, pemasaran sampai ke promosi semuanya dilakukan melalui internet.

Seorang affiliate marketer (pekerja affiliate marketing), diharuskan untuk bekerja dengan tekun dan konsisten supaya produk yang dipasarkannya dapat terjual, sampai akhirnya akan mendapatkan komisi dari penjualannya.


Jenis-jenis affiliate marketing

Affiliate marketing bukan pemilik produk/jasa/software/aplikasi, kita hanya berperan sebagai pemasar dan hanya dibayar saat berhasil merekomendasikan produk tersebut.

Berikut ini beberapa model dari affiliate marketing:
  1. Payment per lead
  2. Payment per sale 
  3. Paymentp install
  4. Payment per call
Payment per lead berarti kita mendapat komisi saat berhasil merekomendasikan calon klien. Analogi simpelnya, saya mempromosikan toko baju X kemudian saat orang yang saya rekomendasikan masuk ke toko tersebut maka saya mendapatkan komisi.
Contoh PPL misalnya kita mencari klien untuk registrasi, memasukkan email, atau credit card.
Payment per sale lebih spesifik dibandingkan PPL, sesuai namanya kita mendapat komisi ketika orang yang kita rekomendasikan membeli produk. Contoh PPS yang terkenal misalnya Amazon & Clickbank.
Payment per install, kita mendapatkan komisi setiap kali aplikasi/software yang kita rekomendasikan diinstall. Aplikasi ini bisa untuk komputer atau smartphone. Kalau ingin lihat secara live, coba buka aplikasi Facebook di iOS atau Android. Biasanya banyak iklan untuk install aplikasi/game, ini salah satu contoh PPI.
Payment per call di Indonesia jarang atau bahkan belum ada. Intinya kita mendapat komisi setiap kali calon klien melakukan panggilan telepon kepada produk yang kita rekomendasikan selama minimal sekian menit.
Affiliate marketing sering juga disebut CPA (Cost per Action), jangan bingung karena keduanya kurang lebih sama. Tapi biasanya penggunaan istilah affiliate marketing lebih ke penjualan, sementara CPA untuk yang lainnya.

Bagaimana cara menjadi affiliate marketer?

Dimana saya bisa mendapatkan produk untuk dipromosikan? Jawabannya, dengan mendaftarkan diri di Affiliate Network atau sering juga disebut CPA Network.
Ada ratusan affiliate network bertebaran di internet. Pendaftaran di affiliate network agak rumit karena biasanya akan di-review oleh manajernya, jadi tidak instan dan kadang-kadang butuh verifikasi telepon atau minimal chat di Skype.
Beberapa affiliate network yang populer untuk kategori umum misalnya MaxBounty, Neverblue, PeerFly, F5Media, ClickDealer, dll. Untuk pemula, mendaftar di PeerFly paling mudah.
Ada juga yang khusus mobile misalnya YeahMobi, Tapgerine, AppFlood dll.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait dengan affiliate marketing. Affiliate marketing apabila dikerjakan dengan ketekunan yang serius akan menghasilkan pendapatan yang sangat menjanjikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Mendapat Uang Tambahan dari Affiliate Marketing"

Post a Comment